hikmah puasa : Disiplin

Salah satu hikmah Ramadhan adalah “Disiplin“. Ramadhan dan Islam mengajarkan kita untuk disiplin, disiplin diri, disiplin waktu dan macam-macam disiplin lainnya :)
Sebelumnya saya ucapkan selamat bulan Ramadhan, bulan yang penuh hikmah dan berkah, juga selamat menunaikan ibadah shaum (puasa) Ramadhan 1432 Hijriah bagi semua orang Islam dimana saja anda berada.
Artikel kali ini anggap saja sebagai ceramah kultum (kuliah 7 menit) Ramadhan atau sekedar renungan Ramadhan dengan tema “Hikmah (puasa) Ramadhan 1: Disiplin
Disiplin adalah perasaan taat dan patuh terhadap nilai-nilai yang dipercaya termasuk melakukan pekerjaan tertentu yang dirasakan menjadi tanggung jawab. (Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas)
Puasa Ramadhan akan mengajarkan kita untuk disiplin waktu, selama 30 hari kedepan kita akan diajarkan untuk bangun di waktu sahur, makan pada waktu sahur yang telah ditentukan waktunya, berhenti makan sebelum adzan subuh. Dan kita juga akan berbuka pada waktu yang telah ditentukan yaitu pada saa setelah adzan maghrib. Setelah itu kita sholat tarawih pada waktu yang telah ditentukan juga yaitu ba’da isya.
Maha suci Allah yang telah membuat aturan-aturan yang begitu sempurna. Seringkali kita berfikir, nagapain sih harus puasa segala, banyak orang yang menganggap bahwa puasa itu memberatkan, dan menganggap sepele aturan puasa, padahal dibalik semua itu banyak sekali hikmah yang bisa kita dapat dari berpuasa. Disiplin hanyalah sebagian kecil dari hikmah Ramadhan.
Disiplin dalam Islam juga tidak hanya diajarkan di bulan Ramadhan saja tapi setiap hari orang muslim diajarkan disiplin melalui solat wajib 5 waktu yang dimana waktu-waktunya telah ditentukan. Anda mungkin seorang yang banyak duduk di depan komputer yang bisa membuat tubuh anda kaku, dengan solat anda bisa menggerakan tubuh sesaat untuk melancarkan kembali peredaran darah dan menyegarkan tubuh anda melalui berwudhu sebelum sholat.

Penelitian seorang Dokter di Jerman mengatakan bahwa berwudhu atau membersihkan bagian muka, tangan dan kaki dapat me-refresh tubuh kita. Bangun tidur berwudhu sebelum sholat kita membasuh wajah dengan air bersih kita jadi segar dan tidak ngantuk lagi, air wudhu juga membersihkan minyak-minyak pada wajah yang keluar pada saat kita tidur, wajah lebih bersih dan terhidar dari jerawat.
Jadi aturan wudhu dan solat itu bukan untuk “menyiksa” kita tapi justru membuat dampak-dampak positif bagi kita.

Disiplin kunci kesuksesan

Silahkan anda tanya pada orang-orang sukses, apa salah satu kunci kesuksesannya? Disiplin pasti adalah salah satunya. Disiplin adalah salah satu Inti Kunci Sukses!
“Rahasia keberhasilan adalah keteguhan dari tujuan (disiplin).” – Benjamin Disraeli.
“Dalam membaca kehidupan orang-orang besar, saya menemukan bahwa kemenangan pertama mereka adalah menang atas diri mereka sendiri? Disiplin diri adalah yang utama” – Harry S. Truman
“Dia yang hidup tanpa disiplin mati tanpa kehormatan.” – Peribahasa Islandia
Ingat wooii.. DISIPLIN!

0 komentar: